Hari Hipertensi Sedunia 17 Mei, Mager alias Malas Gerak Rentan Darah Tinggi Lho

Hari Hipertensi Sedunia diperingati tiap 17 Mei atau tepat hari ini. Berdasarkan World Hypertension League, peringatan bertujuan untuk meningkatkan perhatian akan pentingnya pengaturan hipertensi yang lebih bagus.

Aktivitas sedunia ini dimulai oleh World Hypertension League (WHL) pertama kali diadakan pada tanggal 14 Mei 2005, dan semenjak itu Hari Hipertensi Sedunia diperingati momen tahunan yang terus berkembang. Tujuannya, mengkomunikasikan kepada masyarakat pentingnya hipertensi dan komplikasi medis yang serius. Serta untuk menyediakan info tentang pencegahan, deteksi, dan pengelolaannya.

Tahun ini, Hari Hipertensi Sedunia mengusung tema Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, Live Longer! atau Ukur Tekanan Darah Anda Secara Akurat, Kendalikan, Hidup Lebih Lama!.

World Hypertension Day atau WHD https://www.fultoncountytourism.org/ menyokong peningkatan kesadaran akan tekanan darah tinggi dan kecermatan dalam penilaian tekanan darah. Lebih-lebih di tempat berpenghasilan rendah hingga menengah.

Untuk membantu menempuh hal ini, anggota dan mitra WHL disokong untuk berpartisipasi dalam WHD via pemeriksaan tekanan darah, ajakan berperilaku, acara kelompok sosial, rilis media, dan kampanye kesadaran di seluruh dunia.

Pemeriksaan tekanan darah dan pengajaran tentang modifikasi gaya hidup dan pengurangan garam membantu mengurangi risiko stroke, penyakit kardiovaskular, dan penyakit ginjal di kelompok sosial di seluruh dunia.

Mengetahui Hipertensi
Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi dikala tekanan di pembuluh darah terlalu tinggi (140/90 mmHg atau lebih). Hal ini biasa terjadi tapi dapat menjadi serius jika tidak diobati.

Pasien tekanan darah tinggi mungkin tidak merasakan gejala apa malahan. Satu-satunya cara untuk mengetahuinya ialah dengan memeriksakan tekanan darah rutin.

Hal-hal yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi antara lain:

Usia yang lebih tua
Genetika
Kelebihan berat badan atau obesitas
Tak aktif secara fisik alias malas gerak atau mager
Diet tinggi garam
Minum terlalu banyak alkohol.
Perubahan gaya hidup seperti makan makanan yang lebih sehat, stop mengisap rokok dan menjadi lebih aktif dapat membantu menurunkan tekanan darah. Sebagian orang mungkin masih perlu minum obat.

Tekanan darah ditulis dalam dua angka. Angka pertama (sistolik) melambangkan tekanan pada pembuluh darah dikala jantung berkontraksi atau berdetak. Angka kedua (diastolik) mewakili tekanan di dalam pembuluh darah dikala jantung beristirahat di antara detak jantung.

Seseorang disebut terkena Hipertensi jika dikala diukur pada dua hari berbeda, tekanan darah sistolik pada kedua hari hal yang demikian menonjolkan angka ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik pada kedua hari hal yang demikian ≥90 mmHg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *